Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jatim Park 2: Liburan Edukatif Untuk si Kecil di Malang

Jatim Park 2 merupakan sebuah kawasan wisata edukatif yang berlokasi di Kota Batu daerah Malang, Jawa Timur. Tempat ini berkembang dari kawasan wisata populer menjadi ikon Jawa Timur beberapa tahun belakangan. Tidak heran jika setiap akhir pekan dan musim liburan, Jatim Park 2 selalu penuh dengan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Destinasi Wisata Jatim Park

Setidaknya ada 3 destinasi liburan yang berlokasi di kawasan wisata Jatim Park 2. Setiap tempat memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing. Lalu, apa saja 3 tempat wisata yang ada di Jatim Park 2? Mari kita simak ulasannya!

1. Museum Satwa

Jatim Park 2
Meseum Satwa - media-cdn.tripadvisor.com
Saat memasuki kawasan Jatim Park 2, Anda akan disuguhi pemandangan bangunan bergaya Yunani lengkap dengan pilar-pilar besar sebagai penyangganya. Bangunan itu merupakan Museum Satwa, sebuah tempat wisata edukatif yang menyajikan diorama, dan hewan-hewan mati yang sudah diawetkan.

Bangunan museum juga akan mengingatkan kita pada National History Museum di New York. Selain bisa melihat berbagai hewan yang sudah diawetkan, pengunjung juga bisa melihat video edukatif tentang koleksi hewan yang ada di museum tersebut. Menarik, bukan?

2. Batu Secret Zoo

Jatim Park 2
Batu Secret Zoo - 3.bp.blogspot.com
Jika di Museum Satwa Anda hanya akan melihat mayat-mayat hewan yang telah diawetkan dan menjadi diorama, maka di Secret Zoo Anda bisa melihat berbagai macam hewan yang masih hidup secara lebih dekat. Tempat wisata ini memang menawarkan konsep yang berbeda dengan Museum Satwa.

Berkonsep kebun binatang modern yang edukatif, Batu Secret Zoo menawarkan sensasi berinteraksi langsung dengan berbagai macam hewan dari segala penjuru dunia. Mulai dari harimau Bengala, ular India, sampai pinguin Alaska bisa Anda temukan di sini.

Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir. Setiap hewan diletakkan di sebuah kandang yang aman dan dilengkapi dengan fasilitas khusus. Jadi Anda bisa bebas berjalan menyusuri tempat wisata, tanpa merasa was-was dengan keselamatan keluarga terutama anak.

3. Eco Green Park

Eco Green Park - 1.bp.blogspot.com
Konsep tempat wisata ini adalah fun education park. Di sini pengunjung bisa belajar berbagai hal tentang ilmu pengetahuan melalui instrumen-instrumen yang dibuat dari barang bekas. Tidak hanya itu, Anda juga akan diajak berpatisipasi dalam menjaga lingkungan melalui berbagai percobaan sederhana.

Selain tempat belajar sains yang menyenangkan, Eco Green Park juga merupakan rumah bagi 5000 jenis serangga dari berbagai belahan dunia, baik yang masih hidup maupun sudah berbentuk fosil. Untuk menghibur pengunjung, pengelola juga menyediakan berbagai wahana permainan seru namun tetap edukatif.

Cara Menuju Jatim Park 2

Untuk menuju Kota Malang melalui jalur darat, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti bus ataupun kereta api. Bagi Anda yang berasal dari luar Pulau Jawa, tentu harus menggunakan pesawat yang langsung menuju Malang; atau pesawat yang menuju Surabaya, kemudian melanjutkan perjalanan ke Malang dengan menggunakan mobil travel. Adapun pemesanan tiket kereta api maupun pesawat, bisa dilakukan di berbagai situs traveling, salah satunya adalah Traveloka.

Anggaplah Anda pesan tiket kereta api di Traveloka.  Setibanya di Stasiun Kereta Api Malang, Anda barangkali bisa beristirahat dulu di hotel terdekat. Selanjutnya, untuk menuju Jatim Park 2 yang berada di Kota Batu, Anda perlu menempuh 1 hingga 2 jam perjalanan. Adapun Jatim Park 2 beralamat di Jalan Oro-Oro Ombo 9,  sekitar 750 m dari Jatim Park 1.

Dari Stasiun Kereta Api Malang yang terletak di Klojen, Anda bisa menggunakan angkutan umum menuju Jatim Park 2. Naiklah angkot AL/ADL menuju Terminal Landung Sari, kemudian dilanjutkan dengan menaiki angkot BL/BJL/BTL menuju Terminal Batu. Tentunya jika ingin lebih praktis, Anda bisa menyewa mobil atau men-carter angkot.

Tiket Masuk dan Jam Buka Jatim Park 2

Museum Satwa dan Secret Zoo di Jatim Park 2 buka setiap hari termasuk saat musim liburan, mulai dari pukul 10.00 sampai 18.00.  Sementara itu, Eco Green Park buka mulai pukul 10.00 hingga 16.00 saja.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini ada beberapa variasi harga tiket, di antaranya:

1. Weekday

– Rp75.000 (untuk 2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
– Rp95.000 (untuk 3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Green Park atau Museum Bagong)

2. Weekend

– Rp105.000 (2 objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo)
– Rp125.000 (3 objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Green Park atau Museum Bagong)

Jadi, apakah liburan kali ini Anda tertarik untuk pergi menggunakan kereta api ke Malang? Jika iya, pastikan Anda membawa buah hati tercinta untuk berwisata edukatif di Jatim Park 2.

Post a Comment for "Jatim Park 2: Liburan Edukatif Untuk si Kecil di Malang"